Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta

Latihan Fungsi Satuan Brimob, Identifikasi - Olah TKP dan Sabhara Polda DIY download pdf


Sebuah mobil melintas, dan kemudian keluarlah seseorang meletakkan sebuah bungkusan di tempat umum. Satpam dari sebuah sekolah yang dekat dengan sangat hati - hati mendekati benda itu. Merasa tidak yakin dengan isi bungkusan itu, kemudian dia mengontak kantor polisi terdekat. Dalam waktu tidak lama, tempat itu sudah dikelilingi garis polisi dan dijaga oleh petugas. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, petugas dari polsek terdekat mengontak Sat Brimobda DIY. Antisipasi kemungkinan adanya bahan peledak dilakukan. Unit Gegana yang memang punya kualifikasi untuk penjinakkan bahan peledak diturunkan. Dua petugas dengan baju anti ledakan mendatangi benda itu, dengan sangat hati - hati isi bungkusan itu dideteksi dengan X-Ray. 


Adegan di atas merupakan bagian dari latihan fungsi yang digelar oleh Polda DIY dan satuan - satuan di bawahnya. Rangkaian latihan fungsi ini sendiri sudah dilaksanakan sejak Senin 30 Januari 2012 dan berakhir Jumat 2 Febrari 2012. Selain latihan fungsi Brimob, Direktorat Sabhara Polda DIY juga menggelar latihan Pengendalian Massa, atau penanganan Unjuk Rasa. Dalam latihan yang diikuti oleh 1 SSK Dalmas, 1 regu Sepeda Bermotor, 1 Regu K9 dan 1 Tim Negosiator & Propam berlangsung dengan berbagai skenario. Di mana masing - masing kelompok petugas diturunkan secara bertahap. Dari tahap Public Address, Negosiasi, sampai Pemecahan Massa.


Dengan digelarnya latihan ini, Kapolda berharap pelaksanaan tugas kepolisian dapat berlangsung dengan baik dan menghindari terjadinya pelanggaran HAM dan ketentuan pelaksanaan tugas lainnya. Sehingga tidak menimbulkan dampak negatif yang justru membuat kepercayaan masyarakat kepada kepolisian turun.

 

« kembali