Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta

DIT BINMAS download pdf


DIREKTORAT  PEMBINAAN MASYARAKAT
1. Ditbinmas adalah unsur pembantu pimpinan dan pelaksana staf pada Polda yang berada dibawah Kapolda.

2. Ditbinmas bertugas membina dan dalam batas kewenangan menyelenggarakan bimbingan masyarakat dan pembinaan kemitraan dalam lingkungan Polda.

3. Ditbinmas terdiri dari :

  • Sub Bagian Direktorat pembinaan dan ketertiban penyuluhan disingkat Subditbintibluh
    Bertugas menyiapkan dan merumuskan kebijakan Kapolda dalam bidang penyelenggaraan manajemen bimbingan masyarakat yang meliputi pembinaan ketertiban masyarakat dan bimbingan masyarakat/penyuluhan masyarakat oleh satuan-satuan fungsi tingkat Polda dan Polres termasuk pemberdayaan personel dan potensi masyarakat dalam rangka terjalinnya hubungan Polri masyarakat yang kondusif.

  • Sub Bagian Direktorat Satpam/Polsus disingkat Subdit Satpam/Polsus
    Bertugas menyelenggarakan manajemen bimbingan masyarakat yang meliputi pembinaan satuan-satuan pengaman dan keamanan lingkungan masyarakat dalam rangka pengaman swakarsa termasuk pelayanan perijinan dan pengawasan jasa keamanan.

  • Sub Bagian Direktorat Kerjasama disingkat Subditkerma
    Bertugas menyelenggarakan kerjasama dengan instansi pemerintah khususnya pemerintah daerah dalam konteks otonomi daerah dan pembinaan teknis koordinasi dan pengawasan kepolisian khusus serta koordinasi dengan pimpinan instansi penyidik pegawai negri sipil termasuk kerjasama dengan organisasi/lembaga/tokoh sosial kemasyarakatan.

Ditbinmas Polda DIY melaksanakan tugas-tugas dan peran yang ebrsifat preemtif dan preventif dalam kerangka menjabarkan / menindaklanjuti kebijakan serta strategi penyelenggaraan tugas Polri. Tugas dan peran tersebut diwujudkan dengan jajaran pemerintahan sipil/TNI, lembaga-lembaga non pemerintah dan organisasi masyarakat. Bentuk kemitraan / kerja sama ini bertujuan mencerdaskan, meningkatkan dan memantapkan kesadaran hukum masyarakat, membangun citra kepolisian, memberdayakan seluruh potensi masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas D.I.Yogyakarta yang aman, nyaman, tertib, produktif menuju kehidupan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. implementasi tugas dan peran tersebut diwujudkan melalui kegiatan silaturahmi, diskusi, lokakarya, sosialisasi, audiensi, dialog, lomba-lomba, kegiatan bersama, mujahadah, memenuhi permintaan undangan, nara sumber, serta melakukan pembinaan yang bersifat teknis.

Melalui bangunan kebersamaan/kemitraan antara Polisi dengan masyarakat yang didukung dengan rasa saling percaya dan komunikasi konstruktif antar pihak, maka cita-cita mewujudkan situasi DIY yang kondusif akan segera terwujud. Cita-cita ini diharapkan semakin mendekati kenyataan setelah : Polda DIY menugaskan 876 Bintara Polri yang ditugaskan di 438 Desa/kelurahan seluruh DIY sebagai Petugas Polmas. Keberadaan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) yang dibentuk secara swakarsa oleh masyarakat di desa-desa/kelurahan/kawasan(sampai dengan akhir April 2008 sebanyak 353 FKPM). Intensifikasi koordinasi komunikasi dan kerjasama antar lembaga, serta pelibatan aktif segenap komponen masyarakat diharapkan dapat memecahkan setiap permasalahan sosial yang muncul.

DAFTAR PERSONEL BHABINKAMTIBMAS JAJARAN POLDA DIY

NO KESATUAN JUMLAH BHABINKAMTIBMAS   AIPTU  AIPDA  BRIPKA  BRIGPOL  BRIPTU  KET 
1. POLRESTA YKA 46 17 8 8 10 3  
2. POLRES SLEMAN 96 48 18 16 11 3  
3. POLRES BANTUL 75 8 21 19 19 8  
4. POLRES G.KIDUL 144 - 1 37 66 40  
5. POLRES K.PROGO 88 4 15 32 33 4  
  JUMLAH 449 77 63 112 139 58