Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta

DIT PAM OBVIT download pdf

DIREKTORAT PAM OBVIT

Direktorat Pam Obyek Vital Polda DIY. Berdasarkan Peraturan Kapolri nomor 22 Tahun 2010 tanggal 28 September 2010, Direktorat Pamobvit bertugas menyelenggarakan kegiatan pengamanan terhadap obyek khusus yyang meliputi personel dan fasilitas, materiil logistik, kegiatan di dalam fasilitas lembaga negara, perwakilan negara asing, lingkungan industri termasuk VIP dan obyek pariwisata yang memerlukan pengamanan khusus.

Wilayah Yogyakarta memiliki potensi obyek dan daya tarik wisata yang tersebar di kota Yogyakarta dan Kabupaten antara lain Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul, dan Sleman, yang menjadi tujuan wisata dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kegiatan patroli dilaksanakan anggota Polisi Pariwisata setiap hari, sesuai arahan dari pimpinan dan dilengkapi dengan Surat Perintah Tugas. Patroli yang dilaksanakan antara lain patroli jalan kaki, patroli R2, patroli R4, patroli Golfcar.

Kegiatan pengawalan dilaksanakan Polisi Pariwisata sesuai permintaan dan perintah dari pimpinan dengan menggunakan R4 dilengkapi dengan Surat Perintah Tugas.

Selain itu anggota Polisi Pariwisata juga melaksanakan pelayanan kepada wisatawan baik dalam bentuk memberikan informasi, petunjuk yang diperlukan wisatawan, juga memberikan pertolongan bagi wisatawan yang membutuhkan. pelayanan dilaksanakan seluas-luasnya 24 jam sehari baik di Mako Dit pamwisata maupun pos-pos Polisi Pariwisata di obyek-obyek wisata diwilayah Yogyakarta.

Polisi Pariwisata juga menjalin kerjasama dengan biro-biro perjalanan, hotel-hotel, dan lokasi pariwisata yang ada di wilayah Yogyakarta untuk memberikan pelayanan keamanan kepada para wisatawan.

Personel Polisi Pariwisata dituntut memiliki ketrampilan bahasa asing khususnya Bahasa Ingris untuk memudahkan komunikasi dengan para wisatawan. Pengetahuan tentang obyek wisata yang ada di Yogyakarta juga merupakan bekal yang harus dimiliki oleh Polisi Pariwisata.