Apel Gelar Pasukan Pengamanan Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Anggota DPRD Kabupaten Bantul Periode 2019 S/D 2024

Posted by tribratanewsbantul on 07:45

Polres Bantul menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan rapat paripurna pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten Bantul periode 2019 s/d 2024 di halaman Mapolres Bantul, Selasa, 13 Agustus 2019 pagi. Apel diikuti oleh Para pejabat utama Polres Bantul dan seluruh Anggota yang terlibat pengamanan.

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Wakapolres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo, S.I.K., MH untuk mengecek kesiapan pasukan yang akan diterjunkan dalam pengamanan rapat paripurna pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Bantul periode 2019 s/d 2024 dan sebagai wujud tanggungjawab polri terhadap tugas yang diemban dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Bantul.

Dalam sambutanya, Wakapolres membacakan sambutan tertulis Kapolres Bantul, pemilu pada hakekatnya merupakan suatu proses demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat sebagaimana diamanatkan dalam pasal 18 ayat (4) undang-undang dasar 1945, yang diselenggarakan di seluruh Indonesia baik tingkat provinsi, kota dan kabupaten.

Pentahapan pemilu tahun 2019 dapat mengakibatkan munculnya kerawanan kamtibmas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan penyelenggaraan pemilu tahun 2014, dimana masing-masing daerah memiliki karakteristik kerawanan  yang berbeda sesuai adat istiadatnya yang dapat mengakibatkan konflik sosial horizontal maupun vertikal.

Tahapan pemilu yang sudah dilaksanakan pada tahun 2019 di wilayah kabupaten  Bantul adalah untuk memilih anggota DPR, DPD dan DPRD provinsi, kabupaten/kota serta memilih presiden dan wakil presiden untuk masa jabatan lima tahun ke depan, semua tahapan dapat dikatakan berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, walaupun masih ditemukan permasalahan – permasalah, namun semua permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan  baik, berkat adanya keterpaduan dan kerjasama dengan unsur TNI, dinas terkait dan seluruh stake holder yang ada di wilayah kabupaten Bantul.

Hasil perolehan kursi partai politik pemungutan suara pemilu tahun 2019 jumlah kursi DPRD kabupaten Bantul sebanyak 45 kursi, dengan perincian perolehan kursi sebagai berikut , Partai Kebangkitan Bangsa : 6 kursi, Partai Gerindra : 8 kursi, partai PDI perjuangan :11 kursi, Partai Golkar : 5 kursi, Partai Nasdem : 1 kursi, Partai Garuda – , Partai Berkarya : – , Partai Keadilan Sejahtera : 4 kursi, Partai Perindo : – , PPP : 2 kursi, Partai Solidaritas Indonesia : – ,  Partai Amanat Nasional : 5 kursi, Partai Hanura : – , Partai Democrat : 2 kursi, Partai Bulan Bintang : 1 kursi dan  Partai Kpi : – ,
.
Untuk rapat paripurna pengucapan sumpah / janji anggota DPRD kabupaten Bantul periode 2019 – 2024 akan dihadiri oleh anggota   DPRD  Bantul  masa  jabatan  2014 –  2019, anggota DPRD bantul masa jabatan 2019 – 2024 serta tamu undangan di kantor DPRD kabupaten bantul, kerawanan lain dalam bentuk unjuk rasa, sabotase, provokasi, intimidasi dan teror maupun bentuk – bentuk ancaman lainnya yang dimungkinkan akan muncul, tentunya harus mampu diantisipasi dan dicegah sejak dini, agar tidak berkembang menjadi ancaman faktual yang mampu menggagalkan rapat paripurna pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten bantul periode 2019 s/d 2024.

Menyadari hal yang demikian saya mengharapkan kepada semua personel yang terlibat pengamanan, baik yang berperan dalam satuan tugas cegah tangkal, satuan tugas penindakan, satuan tugas penegakan hukum, satuan tugas intelijen untuk menjamin keamanan bagi calon anggota DPRD kabupaten bantul periode 2019 s/d 2024, terselenggaranya kegiatan secara tertib, aman dan lancar, tidak terjadi perbuatan anarkis, mencegah setiap bentuk gangguan kamtibmas dan terlaksananya proses penegakan hukum bagi para pelaku pelanggaran dan kejahatan yang mengganggu kelancaran pelaksanaan  rapat paripurna  Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten Bantul periode 2019 s/d 2024.

Mengakhiri amanat ini, saya sampaikan terima kasih kepada personel back up dari polda, dan kepada seluruh anggota serta pihak terkait yang terlibat pengamanan baik langsung maupun tidak langsung saya mengucapkan selamat bertugas. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan lindungan kepada kita sekalian dalam mengemban tugas pengamanan.

Selesai Apel gelar pasukan kemudian dibacakan ploting pembagian tugas dilanjutkan penggeseran pasukan. Situasi aman tertib. (Humas Polres Bantul)

Shares
error: Content is protected !!