Upacara Hari Bhayangkara Ke 73 Polres Sleman

Polres Sleman – Tak terasa usia Polri sudah 73 tahun, bukan lagi usia muda, namun sudah dewasa dengan banyak pengalaman, baik suka maupun duka yang kemudian mengantarkan Polri untuk lebih baik dalam memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan yang lebih baik kepada masyarakat.

Semakin hari tugas Kepolisian semakin berat, seiring dengan meningkatnya perkembangan kejahatan. Dengan doktrin yang diterima dari lembaga pendidikan, kita yakin jajaran kepolisian mampu menjaga keutuhan NKRI.

Memperingati HUT Bhayangkara ke 73 Polres Sleman menggelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke 73 tahun 2019 yang dipimpin Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, MSi di lapangan Lumbungrejo Tempel Sleman, Rabu (10/07/2019)

Turut hadir dalam upacara Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah, SH., SIK., Dandim 0732 Sleman Letkol. Inf Diantoro, S.I.P, Forkopimda Sleman, Pejabat Utama Polres Sleman, Kapolsek jajaran Polres Sleman, Danramil jajaran Sleman, Ketua Bhayangkari Cabang Sleman dan perwakilan pengurus Cabang Sleman.

Dalam sambutanya Bupati Sleman membacakan amanat Presiden RI Ir H. Joko Widodo yang intinya menyampaikan Presiden mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-73, selama 73 tahun ini Polri telah memberikan sumbangsih yang amat besar dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Tidak lupa Presiden juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya terhadap Polri atas berbagai prestasi yang telah di ukir dalam mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan dalam negeri dan pengamanan event internasional.
Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai dan demokratis.

Selain itu Polri juga telah mengungkap berbagai jenis kejahatan diantaranya kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan berimplikasi kontijensi, kejahatan terhadap kekayaan negara serta penindakan terhadap kasus korupsi.

Berbagai capaian tersebut merupakan prestasi yang sangat membanggakan sekali, tetapi jangan terlalu cepat berpuas diri karena kedepan Polri akan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks.

Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi kedepan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks.

Dalam hal ini Presiden RI mengajak agar Polri :

  • Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.
  • Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.
  • Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan.
  • Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Mengakhiri amanatnya, Presiden berharap melalui Polri, negara dapat selalu hadir ditengah masyarakat dalam memberikan rasa aman, mampu membangun keteraturan dan keharmonisan sosial, menjadi teladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap hukum serta tidak sekalipun melakukan perbuatan menyimpang dan tercela, jadilah penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

Seusai upacara dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada anggota Polri yang berprestasi dan Pelepasan Purna bhakti Anggota Polres Sleman oleh Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah, SH., SIK.

Dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan marching band dari Pondok Pesantren Pandanaran dan dilanjutkan dengan atraksi pecah balok es dan batu bata.

Selanjutnya Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah,SH., S.I.K membacakan amanat Kapolri yang intinya mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang disampaikan oleh Presiden RI terhadap pengelolaan Polri.

Polri menyadari berbagai capaian kinerja Polri tidak dapat diraih Polri tanpa bimbingan dan arahan dari Presiden RI, Wapres RI, pimpinan Lembaga Tinggi Negara dan kerja sama pimpinan lembaga, seluruh anggota DPR, DPD, MPR, mitra kerja, senior dan sesepuh Polri dan TNI dan seluruh masyarakat Indonesia sehingga Polri melaksanakan tugas tugas secara maksimal yang akan mendorong Polri untuk terus melaksanakan perbaikan guna mendapatkan kepercayaan publik yang amat penting di era demokrasi ini.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pemberian hadiah lomba kamling, lomba Da’i Kamtibmas, lomba Bhabinkamtibmas, lomba Pengemban Binmas Pioner dan lomba Kebersihan Mako.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Sleman diberikan kepada anggota termuda Polres Sleman. Dalam kegiatan tasyakuran yang bertajuk pesta rakyat ini dimeriahkan dengan berbagai perlombaan dan hiburan musik serta pengundian doorprize bagi yang beruntung.

Shares
error: Content is protected !!