Penilaian Kampung Tertib Lalu Lintas di Kampung Sarirejo 1

Kampung Sarirejo 1 Singosaren Banguntapan Bantul maju mewakili Kabupaten Bantul dalam Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas (KTL) tingkat DIY. Kampung Sarirejo 1 ditunjuk dalam lomba KTL karena kampung tersebut mempunyai peran aktif, kepedulian yang didukung dengan sarana prasarana dan peran masyarakat untuk mengedukasi tentang arti pentingnya tertib berlalu lintas.

Dalam lomba KTL tersebut penilaian dilakukan oleh tim penilai dari Korlantas Mabes Polri yang dipimpin AKBP Petrus Aldo Meisto Siahaan SIK MT, Selasa (15/6/2021).

Turut hadir Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda DIY AKBP WinarAfiati SIK, Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiyabudi SH MM, Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH, Kanit Lantas Polsek Banguntapan Iptu Sri Wigiyati, Panit 1 Unit Lantas Polsek Banguntapan Aiptu Nanang Purnomo (Polantas Pembina Kampung Tertib Lalu Lintas Sarirejo 1), Kabid Lalu Lintas Dishub Bantul Sri Harsono beserta perwakilan Dinas Instansi terkait, Panewu Bangutapan Fauzan Muarifin, Lurah Singosaren Joko Prayitno, Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aipda Sutopo, Babinsa Sertu Edi Winarto dan tamu undangan.

AKBP Petrus Aldo Meisto Siahaan SIK MT mengatakan, KTL merupakan program Korlantas Polri sebagai program nasional dalam upaya mengedukasi masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas serta mengubah mindset pengguna kendaraan bermotor mulai dari perkampungan.

Disampaikan, KTL akan membangun mental masyarakat yang hidup dikampung tersebut. Apakah pemuda di sini mendapat prestasi apabila mengalami kecelakaan lalu lintas. Itulah mengapa upaya kita mengajak masyarakat berpartiisipasi langsung. Selama ini masyarakat hanya akan tertib kalau ada anggota Polri di jalan.

Sementara itu, Kasatlantas Bantul AKP Gunawan Setiyabudi SH MM mengatakan, Satlantas Polres Bantul menunjuk Kampung Sarirejo 1 sebagai Kampung Tertib Lalulintas karena melihat lingkungan tersebut sangat tertata serta kepedulian masyarakat terkait ketertiban dalam berlalu lintas.

“Semoga dengan diberikannya predikat Kampung Tertib Lalu Llintas membuat lingkungan Kampung Sarirejo 1 tetap mempertahankan dalam mematuhi peraturan lalu lintas dan menjadi contoh untuk wilayah lainnya dalam menata lingkungan serta mengajak warganya untuk tertib berlalu lintas,” Ucap AKP Gunawan Setiyabudi.

Adapun prasarana yang dilengkapi oleh lingkungan juga mendukung program Kampung Tertib Lalu Lintas. Antara lain tersedianya rambu-rambu lalu lintas yang memadai dengan jumlah yang cukup sesuai kebutuhan sebagai tanda ditegakkannya lalu lintas di Kampung ini, yakni terdapat lampu penerangan jalan yang memadai, adanya spanduk, baliho, mural yang berisikan tentang keamanan dan keselamatan dalam berkendara di wilayah pemukiman.

Masyarakat di lingkungan Sarirejo 1 mendukung  predikat Kampung Tertib Lalu Lintas ini setelah adanya beberapa sosialisasi oleh Satlantas Polres Bantul. Warga sadar akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara. Warga juga berpartisipasi dengan membuat aturan yang disepakati dalam rangka mewujudkan tata tertib berlalu lintas.

Shares
error: Content is protected !!