Kapolres Bantul Hadiri Penyerahan Penghargaan Program GISA Tahun 2021

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri acara Penyerahan Penghargaan Program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan) Tahun 2021 Kabupaten Bantul yang diselenggarakan di Aula Rumah Dinas Bupati Bantul, Rabu (16/6/2021).

Dalam acara tersebut Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menyerahkan penghargaan program GISA Tahun 2021 untuk tingkat Kapanewon yakni Kapanewon Kretek, Kapanewon Imogiri dan Kapanewon Kasihan.

Sedangkan untuk tingkat Kalurahan masing-masing diraih oleh Kalurahan Tirtohargo, Kalurahan Karangtengah dan Kalurahan Argodadi.

Penghargaan diberikan kepada Dinas Instansi yang aktif dalam pemanfaatan data kependudukan yakni Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Sosial Dan P3A dan Dinas Dikpora. Penghargaan utuk sekolah peduli GISA diberikakan kepada  SD N Pucung Imogiri, SMP N 1 Pandak dan SMK Muhammadiyah 1 Bantul.

Sementara itu, penghargaan terhadap mitra kerja Disdukcapil Bantul diberikan kepada PengadilanAgama Bantul, Kemenag Bantul dan Bank BPD DIY Cabang Bantul.

Program GISA merupakan sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan yang ditunjukkan dengan 4 hal, yakn pentingnya kesadaran memiliki dokumen kependudukan, pentingnya kesadaran pemutakhiran data kependudukan, pentingnya kersadaran pemanfaatan data kependudukan dan pentingnya kesadaran pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat.

Adapun target sasaran GISA adalah masyarakat, aparatur petugas pelayanan Dukcapil, dan lembaga pengguna (pemerintah dan swasta).

GISA diterapkan mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan (Kapanewon), Kabupaten/Kota, Provinsi, dan berpuncak di tingkat Nasional Indonesia.

Untuk teknis penerapannya Provinsi mewujudkan paling sedikit 1 Kabupaten/Kota sebagai Kabupaten/Kota sadar kependudukan. Selanjutnya dalam Kabupaten/Kota administrasi mewujudkan paling sedikit 1 Kecamatan sebagai Kecamatan sadar administrasi kependudukan, dan Kecamatan mewujudkan paling sedikit 1 Desa/Kelurahan sadar administrasi kependudukan. (Humas Polres Bantul)

Shares
error: Content is protected !!