Aiptu Jedik Paraptowo SH, Bantu Evakuasi ODGJ

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Polres Bantul yang membawahi Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Paraptowo SH membantu evakuasi warga yang terkena gangguan jiwa untuk dibawa ke rumah sakit, Kamis (24/06/2021) siang.

Hamid (36) salah satu warga Dusun Cabean RT 04 Kalurahan Panggungharjo Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul yang mengalami gangguan jiwa atau yang lebih di kenal dengan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ)  untuk di evakuasi menuju Rumah Sakit Jiwa .

Menurut Aiptu Jedik Paraptowo, evakuasi terhadap ODGJ tersebut dilakukan karena yang bersangkutan sering mengamuk sehingga membahayakan keselamatan keluarga dan warga sekitarnya.

“Siang ini bersama sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bantul dibantu oleh masyarakat berhasil mengevakuasi saudara Hamid untuk di bawah ke Gracia guna mendapatkan pengobatan” jelas Aiptu Jedik.

Sementara itu Kapolsek Sewon Komisaris Polisi Suyanto SH menyambut baik langkah yang di ambil oleh anggotanya dan memberikan apresiasi dalam usaha mengevakuasi terhadap orang dalam gangguan jiwa di wilayahnya guna mendapatkan pelayanan yang terbaik agar segera sembuh.

“Upaya evakuasi ini sangat membantu sekali khususnya dalam bidang pengamanan dan keamanan untuk pasien maupun orang lain, apabila ada warga yang mendapatkan gangguan jiwa laporkan, jangan di pasung ujar Kapolsek.

Kapolsek juga meminta kepada masyarakat apabila di sekitar warga ada yang mengalami gangguan jiwa untuk segera melaporkan ke Polsek Puskesmas atau dinas sosial agar segera bisa diambil langkah-langkah dan tindakan yang tepat.

“Orang yang terkena gangguan jiwa itu butuh penanganan kusus, dibawa ke Rumah Sakit Jiwa dan ditangani oleh dokter ahli agar bisa sembuh dan bisa kembali ke masyarakat” tutup Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)

Shares
error: Content is protected !!