Berpakaian Adat Jawa, Kapolres Bantul Ikuti Upacara Peringatan Hari Jadi Bantul ke-190

Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi Bantul ke-190 secara virtuan di Gedung Induk Lantai 3 Kompleks Parasamya Bantul, Senin (26/7/2021) .

Peringatan Hari Jadi Bantul ke-190 tahun kali ini harus dilakukan tanpa upacara di lapangan dan hiruk pikuk karnaval kesenian. Namun seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Bantul, 17 kapanewon, dan 75 kalurahan harus memperingati hari jadi secara virtual karena masih di tengah pandemi,.

Tidak kurang dari sebulan ke depan, tepatnya pada peringatan HUT RI 17 Agustus, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengharapkan masyarakat kabupaten ini sudah bisa merdeka dari pandemi Covid-19.

Para undangan yang berjumlah hanya 40 orang, menghadap ke sebuah layar besar yang menampilkan video para peserta dari kantor dinas, kapanewon, dan kalurahan masing-masing. Bahkan Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo juga mengikuti acara ini secara virtual dari kediamannya.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyampaikan maafnya kepada seluruh peserta dan warga Bantul karena kemeriahan peringatan hari jadi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pun begitu dia menyebut peringatan ini sebagai harapan agar Bantul segera terbebas dari pandemi.

“Hari ini kita harus bisa menerima dengan sederhana, dengan semangat ini masyarakat Bantul kami harap akan lebih tangguh dan kuat untuk melawan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurut Halim, ada harapan besar dalam peringatan kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang Bantul juga bisa merdeka dari pandemi. Sehingga kehidupan masyarakat bisa kembali normal dan masyarakat bisa beraktivitas dan bekerja seperti sebelumnya. Meski begitu Halim meminta kepada masyarakat untuk bersabar karena upaya menekan angka penularan Covid-19 tengah dilakukan.

“Penyekatan dan pembatasan kegiatan masyarakat ini efektif karena tren penularan Covid-19 di Bantul relatif mengalami penurunan,” imbuhnya.

Sehingga pihaknya sesuai dengan keputusan pemerintah pusat yang memperpanjang PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021 l, pihaknya akan berkoordinasi untuk membuat regulasi turunannya. “Hari ini (Senin) kita akan koordinasi via zoom meeting dengan Pak Menko Maritim, siang dan sore nanti. Semoga ada keputusan yang paling baik nantinya.” pungkas Halim.

Shares
error: Content is protected !!