Cegah Penyalahgunaan Senpi, Propam Polres Bantul Cek Senjata Api Personel

Ratusan anggota Polres Bantul dan Polsek Jajaran yang memegang senjata api (senpi) Polres Bantul diperiksa  Propam Polres Bantul, Rabu (13/11/2019).

Pemeriksaan Senpi meliputi amunisi, kebersihan dan kondisi senjata hingga administrasinya.

Kasi Propam Polres Bantul Iptu Sutarto SH, menjelaskan pemeriksaan senpi tersebut telah dilaksanakan secara rutin setiap bulannya dengan tujuan meminimalisir terjadinya penyalahguaan senpi oleh anggota.

“Jika dalam pemeriksaan tersebut ditemukan adanya pelanggaran tentunya Propam akan menarik senpi tersebut,” jelasnya.

Dijelaskan, sebenarnya prosedur kepemilikan senpi bagi setiap anggota melalui proses panjang. Mulai dari ujian psikologi anggota hingga penilaian dari aspek personel anggota.  Oleh sebab itu setiap pemegang senpi wajib mengikuti ujian psikologi setiap setahun sekali.

Jika dalam ujian tersebut dinyatakan tidak lolos, anggota tersebut secara otomatis tidak berhak memegang senjata. Jika dalam tes psikologi dinyatakan lolos, selanjutnya akan diterbitkan dengan kartu tanda bukti sebagai anggota pemegang senjata.

“Dengan pemeriksaan ini diharapkan tidak terjadi penyalahgunaan senpi oleh anggota di luar keperluan kedinasan,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)

Shares
error: Content is protected !!