Pengamanan Presiden Jokowi saat Makan Siang di RM Mbah Geol Bantul

Dalam kunjungan kerjanya di Yogyakarta, Presiden Jokowi menyempatkan diri berkunjung ke Rumah Makan Sop Iga & Ingkung Mbah Geol di Pedukuhan Semampir, Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jokowi yang tampak didampingi Mensesneg Pratikno, Bupati Bantul Suharsono, Bupati Kulon Progo Sutedjo dan pejabat lainnya melangsungkan makan siang bersama di rumah makan itu. Di sana Jokowi menyantap hidangan Ingkung Jawa Original.

“Hidangan makan siang untuk menjamu Bapak Presiden tadi kita sajikan sajian yang kita andalkan, yaitu ingkung original sama ingkung goreng,” kata pemilik Rumah Makan Sop Iga & Ingkung Mbah Geol, Hendri Prasetyo (32), usai dikunjungi Jokowi, Selasa (31/12/2019).

“Untuk yang diminum Bapak Jokowi tadi kelapa muda murni. Untuk makanan yang disantap beliau ingkung Jawa original yaitu ingkung yang dimasak dengan kuah santan, dimasak agak lama dengan api kecil yang nantinya mengeluarkan aren,” lanjutnya.

Jokowi bersama rombongan sampai di Rumah Makan Sop Iga & Ingkung Mbah Geol sekitar pukul 10.40 WIB. Kedatangan Jokowi tentu saja menjadi perhatian warga sekitar. Hanya saja saat mereka hendak mendekat dihadang oleh petugas keamanan.

Wartawan yang berada di sakitar lokasi juga tidak diperkenankan masuk ke Rumah Makan Sop Iga & Ingkung Mbah Geol, dan hanya diperbolehkan mengambil gambar dari kejauhan. Jokowi baru meninggalkan rumah makan sekitar pukul 11.25 WIB.

Hendri tak mengira Presiden Jokowi bersedia mampir makan siang di rumah makan miliknya. Ia pun senang sekaligus bangga, terlebih Jokowi disebutnya menyukai hidangan-hidangan yang disajikan Rumah Makan Sop Iga & Ingkung Mbah Geol.

“Untuk tanggapan dari bapak (Jokowi) istilahnya enak, alhamdulillah beliau menyukai,” tuturnya. “Tentu saja saya sangat bangga, sangat senang istilahnya dengan tempat yang segini didatangi tamu negara yang selevel Bapak Presiden,” jelasnya.

Menurut Hendri, sebelum Presiden Jokowi sampai di Rumah Makan Sop Iga & Ingkung Mbah Geol telah ada petugas BPPOM yang memeriksa kandungan makanan. “Tadi pagi diceknya. Kalau kami dihubungi (pihak Istana) dari Hari Jumat kemarin,” tutupnya.

Shares
error: Content is protected !!