Peduli Penghijauan, Polres Bantul Tanam Pohon di Imogiri

Jajaran Polres Bantul bersama Bhayangkari Cabang Bantul melakukan penanaman pohon di komplek Mapolsek Imogiri, Selasa (7/1/2020).

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan program terpusat dari Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. “Pelaksanaannya serentak di seluruh Indonesia,” katanya.

Dijelaskan, pohon yang ditanam jumlahnya 1500 pohon bantuan dari Dinas Pertanian. Dari jumlah tersebut seluruhnya didistribusikan ke 17 Polsek Jajaran Polres Bantul dan juga ada yang dibagikan ke warga masyarakat.

“Pohon yang ditanam antara lain pohon sengon, pohon pule, pohon manggis, pohon sirsak dan pohon nangka,” katanya.

Secara simbolis, Kapolres Bantul sengaja memilih lokasi penanaman pohon di komplek Mapolsek Imogiri karena wilayahnya yang rawan terjadi bencana alam banjir.

“Arti dari penanaman pohon ini untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, seperti di Polsek Imogiri ini tahun kemarin sempat terjadi banjir, longsor dan di sini tanah juga masih kosong. Selain itu, dengan penanaman pohon ini dapat memberikan manfaat untuk menahan tanah dan juga menahan arus air yang datang jika terjadi banjir,” jelasnya.

Kapolres berharap, hasil kegiatan tersebut dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya penanaman pohon dalam mengurangi dampak pemanasan global untuk mencapai pembangunan Indonesia yang hijau.

“Manfaatnya bukan hanya untuk kita saja jika kita menanam 1500 pohon kita akan merasakan manfaatnya dalam 5-10 tahun ke depan,” imbuhnya.

Kegiatan penanaman pohon di komplek Mapolsek Imogiri diikuti sejumlah pejabat antara lain Waka Polres Bantul Kompol Ahmat Nanang Wibowo SIK MH, Ketua Bhayangkari Cabang Bantul Ny. Ratih Wachyu Tri Budi Sulistiyono dan Pengurus, Para Kabag, Kasat, Kasi dan Anggota Polres Bantul, Forkopimcam Kecamatan Imogiri, Anggota Polsek dan Bhayangkari Ranting Imogiri. (Humas Polres Bantul)

Shares
error: Content is protected !!