Kapolda DIY Tanam Pohon Penghijauan Di SPN Selopamioro

Kapolda DIY Drs. Asep Suhendar, M.Si beserta pejabat teras Polda DIY menanam pohon penghijauan di seputar SPN Selopamioro Imogiri Bantul, Kamis (09/01/2020) pagi.

Adapun pohon yang ditanam oleh Kapolda DIY sebanyak 6092 bibit dari berbagai jenis pohon. Penanaman pohon penghijauan ini dilakukan sejak tanggal 2 Januari 2020 oleh Polda DIY diberbagai tempat. Kegiatan ini dalam rangka acara Polri Peduli Penghijauan dan menyambut Hari Tanam Pohon Seluruh Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Januari 2020 nanti.

Dalam sambutanya, Kapolda DIY menyampaikan, sebagai kita ketahui bersama bahwa menanam pohon banyak manfaat positif bagi bumi dan makluk hidup di sekitarnya, termasuk manusia. Dalam jangka waktu yang panjang tanaman memiliki peran penting dalam kehidupan, seperti menyerap emisi karbon, mencegah pemanasan global, memproduksi oksigen, menyimpar air hujan, mencegah erosi, banjir dan sebagianya. Sehingga ekosistem tetap terjaga.

Kita merasa bersyukur pengetahuan dan wawasan masyarakat saat ini mengenai urgensi dan vitalitas fungsi dan manfaat tanaman terutama pohon bagi kehidupan di muka bumi ini sudah semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Namun yang menjadi permasalahan adalah peningkatan pengetahuan tersebut belum disertai dengan semakin meningkatnya kesadaran dan kemauan masyarakat untuk melaksanakan aksi menanam dan memelihara pohon.

Maka dari itu sangatlah tepat dan bijaksana manakala pimpinan Polri melakukan sebuah terobosan kegiatan penanaman pohon secara serentak dengan mengangkat tema Polri peduli penghijauan

Gerakan menanam pohon kiranya dapat menjadi komitmen moral kita semua, komitmen ini dapat dimulai dari diri sendiri keluarga lembaga pemerintah lembaga sosial dan lembaga usaha swasta serta masyarakat umum.

Jika setiap orang merasa terpanggil untuk menanam 1 bibit pohon saja maka sungguh merupakan suatu perbuatan yang mulia dan luar biasa karena hakekatnya telah mempunyai andil dalam memelihara kehidupan di muka bumi ini.

Ayo ! Membudayakan gerakan menanam pohon guna memelihara kehidupan Global. Memang disini memerlukan kesadaran pengorbanan waktu dan tenaga serta keteladanan untuk memulai dengan saling mengajak dan melaksanakan secara nyata, ajak Kapolda DIY.

Kegiatan penanaman pohon penghijauan ini dihadiri oleh Wakapolda DIY, Bupati Bantul beserta Forkompimda, para pejabat utama Polda DIY, para Kapolres jajaran Polda DIY, Ketua Bhayangkari daerah DIY serta para tamu undangan.

Kegiatan berjalan lancar aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Imogiri dipimpin oleh Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho Wibowo, SH. (Humas Polres Bantul)

Shares
error: Content is protected !!