Polres Bantul Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

Polres Bantul kembali menggelar Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang rutin diselenggarakan setiap bulannya bertempat di halaman Mapolres Bantul, Jumat (171/2020).

Upacara Hari Kesadaran Nasional diikuti seluruh pejabat dilingkungan Polres Bantul, Kapolsek Jajaran, anggota dan ASN Polres Bantul serta perwakilan Polsek Polsek Jajaran. Sementara petugas upacara berasal dari Polsek Bantul dan Polsek Jetis.

Dalam amanatnya, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK mengatakan, dari hari kehari tantangan tugas kita akan terus meningkat dan berkembang, kita tidak hanya melakukan tindakan penegakan hukum tetapi kita juga melaksanakan tindakan kemanusiaan.

Oleh karena itu, sebagai insan aparatur negara kita harus selalu siaga dan siap sedia agar setiap saat kita dapat melayani masyarakat dengan baik.

Dengan berkembangnya kasus maupun kejadian yang semakin kompleks kita perlu memiliki kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh karena itu kita jangan puas sampai disitu kita harus belajar dan belajar supaya kita sebagai anggota Polri dapat melaksanakan tugas melindungi melayani dan mengayomi masyarakat dengan maksimal

Dengan meningkatnya kenakalan remaja atau kejahatan jalanan (klitih) dan kejahatan konvensional maka kita wajib meningkatkan kewaspadaan meningkatkan patroli khususnya para bhabinkamtibmas agar menghimbau pada semua rt dan perangkat desa setempat supaya mengaktifkan kembali tamu wajib lapor 1 x 24 jam dan jam belajar masyarakat guna mengantisipasi kenakalan remaja yang semakin meningkat.

Tahun 2020 ini tepatnya pada tanggal 23 September nanti, kita akan menyongsong Pilkada Bantul 2020 sehingga eskalasi politik akan dapat kita rasakan maka siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat sehingga dapat menampilkan jati diri polri sebagai sosok penolong, sahabat, pelayanan masyarakat, serta penegak hukum yang yang jujur, benar, adil, transparan, dan akuntabel.

Selain Pilkada 2020 kita juga harus mencermati perkembangan kamtibmas saat ini yang menunjukan gejala peningkatan baik sekala lokal, regional, nasional dan internasional terkait isu perang nuklir antara amerika dan iran, sengketa laut natuna dengan cina, teroris dan paham radikalisme, dengan itu kita perlu mengambil langkah – langkah sebagai berikut :

1.    Tingkatkan kewaspadaan masing – masing personil pada saat melasanakan tugas maupun di luar jam dinas.

2.    Tingkatkan keamanan mako polsek dan polres dengan melakukan pemeriksaan baik terhadap orang maupun barang bawaan dan kendaraan yang digunakan pada saat akan memasuki polsek atau polres.

3.    Polsek lasanakan penggalangan terhadap tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk berpartisipasi dalam kegiatan deradikalisasi terhadap masyarakat.

4.    Perbanyak jaringan informasi sehingga setiap perkembang situasi dapat terdeteksi secara dini.

5.    Jangan membuat tindakan yang menimbulkan antipati masyarakat terhadap polri.

“Mudah–mudahan dengan upacara ini bisa meningkatkan kesadaran kepada seluruh anggota agar dapat selalu waspada dalam melaksanakan tugas di tengah masyarakat,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)

Shares
error: Content is protected !!