Pengamanan Kunker Menteri Kesehatan RI di Puskesmas Bambanglipuro

Menteri Kesehatan RI Ir Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan Kerja di Puskesmas Bambanglipuro Bantul, Senin (1/3/2021) pagi.

Kunjungan kerja ini dimaksudkan dalam rangka Penguatan Puskesmas dalam Akselerasi testing, tracing dan treatment (3T) dengan dukungan keterpaduan tenaga kesehatan, TNI/Polri dan pemberdayaan masyarakat.

Kedatangan Menteri Kesehatan RI disambut oleh Bupati Bantul H.Abdul.Halim Muslih, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono S.I K MH, Dandim 0729 Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan, Kepala Dinas Kesehatan Kab Bantul Agus Budi Raharjo, Panewu Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M.Kes, Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM, Danramil Bambanglipuro Kapten Arm Ngadino, Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr Tarsisius Glory,  Bhabinkamtibmas Polsek Bambanglipuro, Babinsa Koramil Bambanglipuro dan Lurah se Kapanewon Bambanglipuro.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya menegaskan perlunya menggandeng aparat TNI-Polri di desa untuk menggencarkan upaya pelacakan terhadap kontak kasus konfirmasi positif Covid-19 guna percepatan penemuan kasus baru dan penanganannya.

“Perlunya keterlibatan Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai tenaga pelacak itu karena aparat TNI/Polri tingkat desa itu yang mengetahui kondisi di daerah masing-masing, kemudian penanggulangan Covid-19 ini juga diibaratkan sebuah perang melawan wabah virus corona,” katanya.

Strategi yang dilakukan di Kabupaten Bantul dalam penanggulangan Covid-19 sudah berjalan baik, dengan gencar melakukan tes Covid-19 terhadap kontak erat kasus positif, dan begitu ditemukan kasus baru, langsung dilakukan pelacakan lagi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolres sama Dandim yang sudah membantu, karena untuk melacak ini perlu orang yang tahu dan kenal kondisi daerah, karena kita tidak tahu si kasus positif ini ke mana saja, kalau di rumah sama siapa, kalau kerja ketemu siapa, yang tahu cuma Babinsa, Bhabinkamtibmas,” katanya.

Selama kunjungan Menteri Kesehatan RI, Personel Polsek Bambanglipuro, Koramil Sat Pol PP, Dishub Kab Bantul dan FKPM serta Linmas turut mengamankan kegiatan hingga selesai. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Shares
error: Content is protected !!