Kapolsek Kasihan Hadiri Sosialiasasi Bhinneka Tunggal Ika

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH menghadiri pembukaan sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika di Aula Kantor Kapanewon Kasihan, Kasihan, Bantul, Selasa (16/3/2021).

Kegiatan sosialisasi ini dengan tema “Pemahaman Nilai-Nilai Kebhinneka Tunggal Ikaan Dalam Bingkai Keistimewaan DIY”.

Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Daerah Istimewa Yogyakarta dengan narasumber Kasubdit Sosbud Badan Kesbangpol DIY Drs. Markus Suwarisman dan Surono Akademisi dari UGM Yogyakarta.

Hadir di antaranya Panewu Kapanewon Kasihan, Danramil Kasihan, perwakilan Pamong Kalurahan serta tamu undangan.

Drs Markus Suwarisman mewakili Kepala Kesbangpol DIY menyampaikan, bahwa Badan Kesbangpol DIY tahun ini diberi kesempatan untuk memperatkan kembali tata kehidupan sosial masyarakat dengan mengaktualisasikan semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika dengan mensosialisasikannya di seluruh Kapanewon wilayah DIY.

Menurutnya dengan Bhinneka Tunggal Ika mampu menyatukan Bangsa Indonseia yang terdiri dari berbagai suku, budaya, agama dan bahasa.

Sementara itu, Akademisi dari  UGM Yogyakarta, Surono sebagai narasumber menerangkan, tentang arti kata Bhinneka Tunggal Ika dan filosofinya serta implementasinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, DIY sebagai salah satu daerah istimewa di NKRI dengan multi suku memiliki masyarakat dengan berbagai latar belakang agama, suku dan budaya. Rasa Kebhinnekaan Tunggal Ika dinilai sangat penting untuk terus menerus dipupuk dan aplikasi dalam setiap sendi-sendi kehidupan. (Humas Polsek Kasihan)

Shares
error: Content is protected !!