Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Bina Anak-Anak Remaja Yang Main Petasan

Untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadan 1442 H, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo bersama anggota piket Polsek Banguntapan dan Babinsa Sertu Triyono melaksanakan patroli di wilayah binaannya, Selasa (27/4/2021) pagi.

Patroli dengan sasaran terhadap aksi main petasan di wilayah Pedukuhan Botokenceng, Wirokeren, Banguntapan, Bantul. Patroli tersebut sekaligus menindaklanjuti laporan warga tentang adanya sekelompok remaja yang berkerumun dan bermain petasan selepas shubuh.

Setelah didatangi petugas, kemudian anak-anak remaja yang kedapatan bermain petasan diberikan pembinaan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Dukuh Botokenceng.

Disampaikan bahwa meledakkan mercon menimbulkan suara ledakan sangat keras, sehingga meresahkan masyarakan dan sangat membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Untuk efek jera dijelaskan pula ancaman pidana sesuai pasal 187 KUHP ayat (1) menyebutkan barang siapa dengan sengaja menimbulkan ledakan, kebakaran atau banjir diancam pidana penjara paling lama 12 tahun bila perbuatan tersebut menimbulkan bahaya bagi umum dan bagi barang.

“Silahkan lakukan kegiatan yang positif, yang lebih bermanfaat, dan lebih meningkatkan amal ibadah di bulan suci Ramadhan,” pesan Aipda Indra Prasetyo.

Shares
error: Content is protected !!