Kapolsek Sewon Hadiri Rakor Zoom Meeting Hadapi Idul Fitri 1442 H

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH menghadiri undangan rapat koordinasi persiapan menghadapi Idul Fitri 1442 H bersama Forkopimda Bantul melalui zoom meeting, di Ruang Hallroom Syech Sewu Kapanewon Sewon Bantul, Selasa (4/5/2021).

Hadir dalam acara tersebut Panewu Sewon Drs. Danang Erwanto M.Si, Panewu Anom Hartini S.IP MM, Danramil Sewon diwakili Serka Pariman, Lurah se Kapanewon Sewon, perwakilan FPRB dan perwakilan Linmas Kalurahan.

Dalam sabutannya Bupati Bantul menyampaikan, bahwa sudah menjadi catatan dan ingatan tersendiri bagi seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia menghadapi spektrum ancaman berdasarkan data dan kajian dimana sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan sampai kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Kiranya ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama yang perlu kita jabarkan lebih lanjut di lapangan terkait persiapan menghadapi hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah sehingga masyarakat Bantul tetap dapat merayakan Idul fitri dengan aman.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Bantul itu juga mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini harus benar-benar kita persiapkan secara matang mulai dari pelaksanaan ibadah serta penanganan dan pencegahan Covid-19, pantauan harga dan ketersediaan sembako, ketersediaan BBM, Gas LPG hingga berbagai potensi gangguan keamanan.

“Saya mengajak dan menghimbau kepada semua pihak untuk terus bergerak memerangi Covid-19, selama ini kami melihat Bapak Kapolres Bantul, Bapak Dandim, Bapak Kajari dan semua rekan-rekan jajaran Forkopimda telah mengambil langkah-langkah yang luar biasa. Semua bergerak mengambil peran dan memberikan kontribusi yang luar biasa guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bantul,” kata Bupati.

Lebih lanjut, hari libur lebaran tidak menutup kemungkinan aktivitas kerumunan dan perkumpulan masyarakat demikian tinggi, sehingga ini berpotensi menularkan Covid-19. Maka dari itu kita tidak boleh menganggap enteng Lebaran tahun ini.

Pihaknya juga meminta kepada para Lurah dan Ketua RT untuk pelayanan di tingkat mikro agar lebih diperketat dengan penerapan protokol kesehatan.

Sementara itu dalam paparanya, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi S. SIK MH menyampaikan, dalam persiapan menghdapi hari lebaran Idul Fitri 1442 H Polres Bantul melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai tanggal 26 April hingga 5 Mei 2021.

Pihaknya juga sudah mempersiapkan terkait Operasi Ketupat Progo 2021 yang akan dimulai pada tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 dengan mendirikan pos-pos pengamanan.

Adapun  pos pengamanan yang didirikan yaitu Pospam Piyungan, Pospam Srandakan dan Pospam Sedayu yang akan memantau arus lalu lintas, sekaligus mencegah penyebaran Covid-19. Sedangkan Pos Pantau akan didirikan di wilayah Kretek yang akan memantau wisatawan lokal dan arus lalu lintas di wilayah selatan.

Dalam kegiatan pengamanan ini Polres Bantul tentu saja akan bekerjasama dengan unsur-unsur terkait baik dari Pemerintah Kabupaten Bantul maupun organisasi kemasyarakatan dan segenap potensi masyrakat guna mendukung situasi kamtibmas di Kabupaten Bantul tetap kondusif, serta penyebaran wabah Covid-19 dapat dicegah

Shares
error: Content is protected !!