GUNUNGKIDUL – Pengibaran bendera merah putih dilaksanakan di tengah laut oleh SAR Linmas pantai Baron, Tanjungsari Gunungkidul, Kamis (17/9/2017).

Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, yang dilaksanakan oleh warga pesisir pantai Baron ini sangat unik, karena sangat mengandung bahaya apabila tiba-tiba air laut pasang, peserta upacara bisa tergulung ombak namun hal tersebut tidak ada rasa ketakutan sama sekali justru menambah semangat mereka. Peserta upacara diikuti  dari para nelayan, Pokdarwis, Warga sekitar pantai Baron dan SAR Linmas Baron.

Pejabat Inspektur Upacara Kepala Satpol PP Kab Gunungkidul,  Drs Dwi Warno, M.Si, sedangkan Komandan Upacara dijabat Suyanto dari Sar Baron.

Kasat Pol PP Drs Dwi Warno, M.Si, yang didampingi Kasat Polair Polres Gunungkidul AKP Sunarto, SH, menjelaskan dilaksanakanya upacara di laut pantai Baron adalah inisiatif dari warga masyarakat setempat itu sendiri. Disamping itu adalah warga masyarakat yang setiap hari-harinya berhadapan dengan laut agar selalu mencintai laut, cinta tanah air, ungkapan kegembiraan terhadap kemerdekaan Republik Indonesia, hormat NKRI dan jasa para pahlawan Kemerdekaan, pungkasnya.     (Hms Res Gnk)