GUYUB BARENG PEWARTA GUNUNGKIDUL

SEMANU – Rabu pagi,  (04/10/2017) Maraknya berita hoax ( informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya) yang berseliweran di dunia maya perlu ditanggulangi bersama. Jajaran Humas Polda DIY mengajak insan pers yang bertugas di Gunungkidul untuk bersama-sama menangkal hoax yang sering merugikan banyak pihak.

Hal ini diungkapkan  Kompol Sri Sumarsih  Kasubbid Penmas Humas Polda DIY dalam menggelar rapat koordinasi bersama insan pers dan jajaran Kanit Reskrimbserta Kasi Humas Polsek se Gunungkidul di Rumah Makan Bu Tiwi Tan Tlogo. Saat ini dunia kita hidup di dua dunia, yakni dunia nyata dan dunia maya. Mari kita sikapi hal itu dengan cerdas. Mari saling koordinasi dengan baik, saya mohon rekan-rekan media jika mendapatkan informasi dan belum jelas kebenarannya jangan tergesa disebar luaskan. ungkap beliau.

Untuk itu Humas Polda berharap insan pers bersedia membantu Polri dalam menjalankan tugas dengan cara ikut menetralisir berita hoax serta membuat informasi yang menyejukkan di tengah masyarakat. Bilamana mendapatkan informasi, untuk cek dan ricek kebenaran informasi yang didapat dipersilahkan untuk koordinasi dengan Kapolsek maupun Humas Polres Gunungkidul demi akurasi pemberitaan. Sementara itu diungkapkan Kasubbag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino, pihaknya senantiasa mengupayakan informasi yang akurat ke insan pers melalui group WhatShap.

Meskipun demikian kadang ada informasi yang boleh langsung diungkap, namun ada juga yang tidak boleh, Yang belum boleh diungkapkan, biasanya berkaitan dengan penyelidikan yang dilakukan anggota. Sebab jika langsung disebar, takutnya justru menghambat proses penegakan hukum,” tegasnya.

Untuk itu Ps Kasubbag Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino berharap pers selaku mitra Polri bisa memahami jika ada informasi yang tidak langsung di release secara vulgar. Untuk informasi yang berkaitan dengan jajaran Polsek, sebelum memunculkan berita wartawan diminta untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada Kapolsek di wilayah kejadian.

Suharjono, wartawan Koran Sindo berharap, selain group WhatShap dari Humas Polres Gumungkidul untuk akurasi berita juga dibuatkan group WA lain yang terhubung dengan jajaran 18 Polsek yang ada di Gunungkidul.

Beberapa catatan hasil koordinasi dengan wartawan, oleh Kompol Sri Sumarsih segera dirangkum untuk dilaporkan kepada pimpinan Polda DIY sebagai bahan evaluasi, untuk rencana kerja kedepan rekan wartawan dan Kepolisian yang sinergis.    (Hms Res Gnk)

Shares
error: Content is protected !!