Polres Kulonprogo Menangkap Pelaku Penipuan Berkedok “Menarik” Benda Pusaka Berupa Samurai Roll

Kulonprogo. Kapolres Kulonprogo melalui Kasubag Humas Iptu Jeffry, mengatakan , pelaku yang ditangkap yakni Hr (40), warga Umbulmartani, Ngemplak, Kabupaten.

Dugaan penipuan itu bermula ketika pelaku menawarkan bahwa dirinya bisa menarik benda pusaka berupa samurai roll, atau samurai yang bisa dipanjangkan hingga digulung secara otomatis menggunakan tombol kepada Agus Suwarna (57), warga Pedukuhan Ngemplak RT.75/25, Kembang, Nanggulan, Kulonprogo.

Menurut Iptu Jeffry, “Pelaku (Hr) datang lagi kerumah Agus (korban) untuk mengadakan ritual atau doa selama 1 (satu) tahun. Setelah itu Hr mengatakan kepada korban melalui telephone bahwa pelaku tidak boleh lagi datang kerumah Agus sebelum benda pusaka berupa samurai roll tersebut bisa keluar”.

“Hr selalu menghubungi Agus untuk meminta uang guna membeli syarat berupa minyak untuk mengambil benda pusaka tersebut, sampai dengan kejadian tersebut dilaporkan pada tanggal 28 Agustus 2021 pelaku selalu meminta uang dengan alasan yang sama dengan total kerugian korban sebesar Rp. 580.000.000,- (lima ratus delapan puluh juta rupiah)”, ungkap Iptu Jeffry.

Setelah mendapat laporan Tim Buser Polres Kulonprogo  melakukan penyelidikan dan mendapatkan data bahwa diduga pelaku berada di daerah Sleman yang selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap  tersangka dan di bawa ke Polres Kulonprogo guna penyidikan lebih lanjut.

Tersangka di ancam pasal 378 KUHP atau 372 KUHP  jo 64 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.

Shares
error: Content is protected !!