Kapolres Sleman Sebagai Narasumber Sleman Bebas Kenakalan Anak di Jalanan

POLRES SLEMAN – Maraknya aksi kenakalan remaja di wilayah Sleman dan sekitarnya cukup membuat kita prihatin. Ramainya perbincangan masyarakat terkait perilaku remaja belasan tahun yang berbuat nekat dan brutal di luar batas kewajaran dan melawan hukum kian marak membuat masyarakat menjadi resah.

Untuk menyikapi keresahan masyarakat, Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah, SH., SIK berupaya untuk memberikan pemahaman pencegahan kasus kenakalan remaja yang diselenggarakan oleh FORPI (Forum Pemantau Independen) Kabupaten Sleman dengan tema ” Sleman Bebas Kenakalan Anak di Jalanan”.

“Yang sedang trend dan populer akhir-akhir ini adalah masalah kejahatan jalanan di mana pelaku adalah sekelompok anak remaja usia sekolah dengan menggunakan sepeda motor dimana dalam melakukan aksinya para pelaku melakukan penganiayaan dengan senjata tajam di malam hari atau yang trendnya di Jogja dengan sebutan Klithih,” terang Kapolres Sleman

Pencegahan tindak pidana kejahatan jalanan saat ini sedang ditangani oleh Polres Sleman, hal ini merupakan konsekuensi dari keinginan Polres Sleman dan warga masyarakat yang ingin menegakkan supremasi hukum.

Upaya Polres Sleman dalam mencegah tindak kejahatan jalanan diantaranya dengan dengan meningkatkan Kegiatan Rutun Yang Diingkatkan (KRYD) berupa patroli dan melakukan razia kendaraan pada malam hari.

Kegiatan patroli hunting system ini sasaranya pada tempat yang ditengarai rawan tindak kriminalitas pada jam rawan dengan TO kelompok orang yang dicurigai dan antisipasi kejahatan jalanan.

“Diadakannya patroli ini untuk menciptakan situasi yang kondusif, juga untuk mempersempit ruang gerak tindak kejahatan dan tindakan kriminalitas yang meresahkan masyarakat serta mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Sleman

“Salah satu pemicu kejahatan jalanan adalah minuman keras dan Narkoba, Peran orang tua dan guru sangat penting dalam mengawasi pergaulan anak” tambahnya

Lebih lanjut Kapolres Sleman menghimbau kepada orang tua lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian kepada anak guna mencegah terjadinya tindak kejahatan.

Shares
error: Content is protected !!