Kapolres Sleman Hadiri Deklarasi Pilkades Damai dan Berintegritas Kabupaten Sleman

POLRES SLEMAN – Dalam mewujudkan Pilkades serentak 2020 yang aman dan lancar, Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman bekerja sama dengan elemen masyarakat dan instansi pemerintah lainnya menyelenggarakan Deklarasi Pilkades Damai dan Berintegritas Tahun 2020 di Gedung serba guna Kabupaten Sleman, Rabu (18/3/2020)

Sebanyak 160 calon kepala desa dari 49 desa di 17 kecamatan pada 29 Maret 2020 hadir dalam deklarasi tersebut.

Turut hadir dalam deklarasi Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, MSi, Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta, SH, Dandim 0732 Sleman Letkol Inf Diantoro, SIP dan Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah, SH., SIK, Sekda Sleman Harda Keswaya, S.H., M.Si, Camat se-Kab. Sleman serta Panitia Pilkades dari 49 desa.

Deklarasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi calon kepala desa untuk komitmen menciptakan situasi kondusif, aman, tertib, dan damai saat pelaksanaan Pilkades.

Kapolres Sleman menghimbau agar masyarakat bersikap bijak pada proses dan pasca Pilkades nanti. Hal ini perlu dilakukan agar pilkades dapat berjalan lancar, aman, tertib, damai, dan berintegritas.

“Saya perlu mengingatkan seluruh pemilih untuk tidak terpancing hoaks serta menghindari politik uang. Ini perlu menjadi komitmen bersama untuk mengantarkan Sleman ke arah yang lebih baik,” himbau Kapolres Sleman

Pelaksanaan Pilkades nanti akan bersamaan dengan pembukaan bandara di Bandara kulonprogo akan mulai aktif tanggal 29 di Kulon Progo dan kami dari pihak keamanan sama Pak Dandim Kemarin kami sudah melakukan rapat internal saya undang para Kapolsek Kasat untuk memaparkan persiapannya di masing-masing desa.

Di 49 desa dari 86 desa yang akan melaksanakan Pilkades, kalau dari mapping intelijen, potensi gesekan saya bisa kategorikan itu aman hijau.

Untuk pelaksanaannya nanti ada 1.102 TPS dan penggunaan personil kita ada sekitar 325 dengan pola macam-macam ada 2 anggota 8 TPS ada 2 anggota 5 TPS tergantung wilayahnya masing-masing.

“Dalam Pelaksanaan Pemilu hormati norma atau aturan yang berlaku, jaga etika berbicara, mari kita bersama-sama bahu membahu menjaga keamanan yang sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945” tambahnya

Polres Sleman dan Kodim 0732 Sleman nanti pada tanggal 28 akan melaksanakan apel kesiapan pengamanan Pilkades di backup dengan Polda DIY dan Sat Brimob Polda DIY dan akan ditempatkan di TPS rawan gesekan dan akan dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sudah paham dengan wilayah masing masing.

Di akhir sambutanya Kapolres Sleman menyampaikan Polres Sleman sebagai pengemban tugas pengamanan siap untuk mengawal Pemilu 2019 sehingga berjalan dengan aman dan siap bersinergi dengan TNI dan instansi terkait lainnya” pungkasnya

Shares
error: Content is protected !!