BID HUMAS

BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

POLDA D.I.YOGYAKARTA

Merealisasikan 16 Program Prioritas Kapolri, Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) semakin dituntut agar lebih bekerja profesional dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Dalam Program Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. nomor 13 yaitu Pemantapan Komunikasi, Media menjadi syarat utama bagi terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan transparansi informasi Polri.

Oleh karena itu, Polda DIY menyediakan sarana kebanggaan untuk menyampaikan informasi tentang kegiatan kepolisian dan situasi kamtibmas yang terjadi di wilayah DIY berupa Polda Jogja News (PJN) dan Polisi Punya Podcast (Polcast).

Polda Jogja News atau lebih familier dengan sebutan PJN hadir di tengah warga netizen dengan memberikan informasi serangkaian berita yang terjadi di wilayah DIY selama 24 jam. PJN ini bisa kita saksikan dengan mengunjungi kanal youtube @poldajogja https://www.youtube.com/c/PoldaJogja/featured.

Polisi punya Podcast sering disebut Polcast juga merupakan media diskusi dengan narasumber yang berkompeten dan membahas tentang informasi yang sedang hangat di masyarakat.

Selain itu, Bidhumas Polda DIY juga memberikan pelayanan e-paper majalah Tribratanews Jogja yang merupakan media sarana penyampaian informasi tentang kegiatan kepolisian di wilayah hukum Polda DIY.

Mengikuti dinamika yang terjadi di DIY saat ini, Bidhumas Polda DIY juga berupaya untuk menghadirkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat melalui SaNguKoLaK yakni Saran Ngudoroso Konsultasi Laporan & Kritik dan juga membuka akun media sosial berupa Info Polisi Jogja.

Inovasi-inovasi tersebut dihadirkan sebagai jawaban permintaan netizen di wilayah DIY yang membutuhkan tanggapan-tanggapan cepat dalam penyampaian informasi ke masyarakat.

Bidang Humas berperan penting dalam menyebarluaskan informasi mengenai aktifitas dan partisipasi arah pimpinan/lembaga dan penyampaian informasi Humas bisa berupa informasi yang lisan, tertulis, ataupun melalui tampilan visual kepada publik internal maupun eksternal.

Dengan tersampaikannya informasi kepada masyarakat, diharapkan terciptanya situasi keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif melalui informasi publik Polri yang Presisi.

Berikut jabaran Satuan Kerja Bidhumas Polda DIY

Bidhumas bertugas menyelenggarakan kegiatan hubungan masyarakat (Humas) di tingkat Polda, mengelola informasi, penyajian data, dokumentasi yang dapat diakses masyarakat, melaksanakan kerja sama, dan melaksanakan Anev kegiatan tugas Bidhumas.

Dalam melaksanakan tugas Bidhumas menyelenggarakan fungsi:
a. penyusunan rencana kerja dan anggaran, pengelolaan dan pembinaan manajemen personel dan logistik, administrasi dan ketatausahaan, serta pengelolaan keuangan;
b. pembinaan terhadap kegiatan Humas yang dilaksanakan di lingkungan Polda;
c. penerangan umum untuk membentuk opini dan kontra opini agar tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif;
d. penerangan satuan yang meliputi penyampaian informasi kepada satuan internal melalui lembar Pensat, majalah, leaflet, booklet, Poster dan lain-lain;
e. perumusan, penyiapan dan penyelenggaraan kerja sama dengan mitra terkait dalam bidang humas;
f. pengelolaan informasi dan dokumentasi (PID), pelayanan publik Portalwebsite Divhumas Polri;
g. pengelolaan isu krisis media baik digital maupun elektronik serta penyebaran atau desiminasi informasi digital melalui media online maupun media sosial;
h. pelaksanaan kegiatan komunikasi digital dan elektronika, media monitoring dan pengelolaan isu krisis media cetak dan digital; dan
i. pemantauan dan evaluasi program Bidhumas.

 

Struktur Organisasi :

Struktur Organisasi Bidang Hubungan Masyarakat Polda DIY mengacu Peraturan Kapolri nomor 14 Tahun 2018, Susunan Organisasi dan  Tata Kerja Pada Tingkat Kepolisian Daerah.

View Fullscreen

Visi Bidang Humas

“Bidang Humas Polda DIY mempunyai visi mampu menjadi penjuru untuk mendorong dan membangun kepercayaan masyarakat serta opini positif guna mewujudkan citra Polri”

Misi Bid Humas Polda DIY

  1. Humas sebagai “Front office Polri” yang merupakan unsur terdepan dalam pelayanan publik dibidang informasi dan dokumnetasi serta menerima dan menyalurkan pengaduan / feedback masyarakat.
  2. Humas sebagai juru bicara lembaga, fasilitator, memberi pelayanan informasi kepada publik, menindak lanjuti pengaduan publik, menyediakan informasi tentang kebijakan, program, produk dan jasa lembaga, menciptakan iklim hubungan internal dan eksternal yang kondusif dan dinamis serta menjadi penghubung lembaga dengan pemangku kepentingan.
  3. Dapat mengimplementasikan teknis dan taktis sesuai dengan tupoksi dan peranan secara sinergi dalam mengelola dan mengkomunikasikan informasi bagi pembangunan opini positip pelaksanaan tugas Polri.

Tujuan Bid Humas Polda DIY

  1. Terbangunnya opini masyarakat terhadap Polri sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban, pelindung, pengayom, pelayan masyarakat serta penegak hukum yang profesional dan proporsional serta dapat dipercaya masyarakat melalui pengelolaan informasi;
  2. Terjalinnya kemitraan/jejaring/net working antara organisasi Polri dengan instansi terkait Bidang Kehumasan dan masyarakat, membina hubungan dan kerja sama yang positif dengan instansi terkait dan lemabaga yang saling menguntungkan, memberikan dukungan manajemen dalam fungsi organisasi Polri serta membangun persepsi, citra dan opini positif bagi Polri dari masyarakat;
  3. terbentuknya opini publik terhadap Polri dan citra positif sehingga meningkatkan kepercayaan kepada Polri semakin tinggi dan diharapkan adanya saling percaya dan timbul suatu dukungan masyarakat kepada Polri berupa kerjasama dan kemitraan.

Kebijakan Bid Humas Polda DIY

  1. pemahaman anggota Polri terhadap informasi yang perlu disampaikan kepada masyarakat / publik;
  2. Informasi yang diperoleh Polri harus dikelola dengan tepat dan benar sebelum dipublikasikan;
  3. semua anggota Polri sebagai pengemban fungsi kehumasan / public relation walaupun hanya terbatas 3 H 1 W ;
  4. membangun kerjasama antar humas instansi pemerintah serta lembaga – lembaga lain guna meningkatkan pertukaran informasi.

 

DATA  REALISASI ANGGARAN BIDHUMAS POLDA DIY  T.A 2021

View Fullscreen

 

DATA  REALISASI ANGGARAN BIDHUMAS POLDA DIY T.A 2020

View Fullscreen

 

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT BIDHUMAS POLDA DIY 2021

View Fullscreen

 

MAKLUMAT BIDHUMAS POLDA  DIY
View Fullscreen

 

Hasil E-Survey Pelayanan Informasi Bidhumas Polda DIY

View Fullscreen

 

 

 

 

Shares
error: Content is protected !!